LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DPK TJKT KELAS X
ELEMEN : Orientasi dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
Capaian Pembelajaran Elemen
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan peralatan/teknologi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi antara lain komputer, router, manageable switch, OTDR, firewall, server, dll.
Profil Pelajar Pancasila :
Gotong-royong, bernalar kritis
Tujuan Pembelajaran :
Menganalisis Jenis-jenis jaringan komputer
ATP
Setelah melihat video dan materi presentasi, Peserta didik mampu menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis jaringan komputer dengan baik dan benar
Materi
Jenis-Jenis Jaringan Komputer (PAN, LAN, MAN, WAN)
Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan pada pembelajaran ini adalah:
LKPD Peserta Didik DPK TJKT Kelas X Materi Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Internet
Aplikasi Whatsapp, Google Form, Google Class Room
Langkah Kerja
Kerjakan soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan langsung pada halaman LKPD dan masing- masing soal.
Kerjakan LKPD, kemudian hasil pengerjaan (.ppt / .doc) silahkan di upload via Link Google Form yang telah disediakan
Soal
Perhatikan soal di bawah ini
Apabila anda menjadi seorang Teknisi, apa yang seharusnya dilakukan untuk menyelesikan masalah ini !
Dari cerita diatas, dapatkah anda menganalisis [C4] hasil perbaikan jaringan komputer dengan baik dan benar ?
Cara Kerja : ( Sintak PBL )
Amati dan cermati video yang dipaparkan oleh guru (Orientasi Peserta Didik pada masalah)
Bentuklah kelompok dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan peserta didik)
Catat point-point penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)
Lakukan pencarian menggunakan search engine Google yang ada di HP kalian atau komputer lab cara untuk menganalisis [C4] hasil perbaikan jaringan komputer ! (Menyajikan)
Presentasikanlah di depan kelas (Mengevalusai)
Jawaban :
Solusi:
- Ganti kabel yang rusak.
- Restart switch atau router jika diperlukan.
- Perbarui driver jaringan pada komputer yang terpengaruh.
- Membagi jaringan menjadi beberapa segmen
Analisis Masalah:
- Lakukan uji kecepatan di beberapa titik di jaringan untuk menentukan lokasi masalah.
- Cek penggunaan bandwidth: Identifikasi aplikasi atau perangkat yang menggunakan bandwidth secara berlebihan.
- Periksa pengaturan QoS (Quality of Service) pada router untuk prioritas lalu lintas.
Solusi:
- Batasi atau hapus aplikasi yang menggunakan bandwidth tinggi.
- Tingkatkan kapasitas jaringan jika perlu, misalnya dengan menambah bandwidth dari ISP.
- cek redaman fiber optik jika melewati 28 dB, Pihak pengguna langsung komplain kepada pihak ISP
- Periksa perangkat yang terhubung: Identifikasi perangkat mana yang mengalami konflik.
- Lakukan reset pada perangkat yang bermasalah untuk mendapatkan alamat IP baru.
- Pastikan DHCP server berfungsi dengan baik dan tidak ada alamat IP statis yang tumpang tindih dengan DHCP.
Solusi:
- Ubah pengaturan IP statis pada perangkat yang mengalami konflik.
- Restart DHCP server jika diperlukan.
Analisis Masalah:
- Periksa pengaturan jaringan WiFi: Pastikan SSID dan kata sandi benar.
- Cek pengaturan keamanan: Pastikan perangkat tidak diblokir oleh pengaturan MAC address filtering.
- Periksa kekuatan sinyal: Pastikan tidak ada interferensi dari perangkat lain.
Solusi:
- Reset kata sandi dan pastikan semua perangkat memiliki akses dengan informasi terbaru.
- Nonaktifkan MAC filtering jika diaktifkan, atau tambahkan perangkat yang diperlukan ke daftar.
Analisis Hasil Perbaikan Jaringan
Sebagai seorang teknisi, setelah melakukan semua langkah di atas, penting untuk:
- Mencatat semua perubahan yang dilakukan dan hasilnya.
- Mengamati performa jaringan setelah perbaikan selama beberapa hari.
- Mengumpulkan umpan balik dari pengguna untuk memastikan semua masalah telah teratasi.
- Menerapkan pemantauan jaringan berkelanjutan untuk mendeteksi masalah lebih awal di masa depan.
0 Komentar