Capaian Pembelajaran Elemen
Pada akhir fase F, peserta didik mampu merencanakan topologi dan arsitektur jaringan sesuai kebutuhan, mengumpulkan kebutuhan teknis pengguna yang menggunakan jaringan, mengumpulkan data peralatan jaringan denga teknologi yang sesuai, melakukan pengalamatan jaringan, memahami CIDR dan VLSM, dan menghitung subnetting.
Profil Pelajar Pancasila :
Gotong-royong, bernalar kritis
Tujuan Pembelajaran :
Menentukan Jalur terbaik pada routing
Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
A (audience), B ( Behavior ), C ( Condition ), D ( Degre )
Setelah melihat video dan materi presentasi, Peserta didik mampu membuat [C6] table routing static yang akan digunakan pada jaringan dengan baik dan benar
Materi
Konsep Routing, Jalur pada routing, table routing
https://youtu.be/hbOLAwD3GHo
https://youtu.be/G31Z9gAfkCE
https://youtu.be/7-ZP85HaDAs
Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan pada pembelajaran ini adalah:
LKPD Peserta Didik DPK TJKT Kelas XI Konsep Routing, Jalur pada routing, table routing
Internet
Aplikasi Whatsapp, Google Form, Google Class Room
Langkah Kerja
Kerjakan soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan langsung pada halaman LKPD dan masing- masing soal.
Kerjakan LKPD, kemudian hasil pengerjaan (.ppt / .doc) silahkan di upload via Link Google Form yang telah disediakan
Soal
Simak, perhatikan, dan catat point-point penting dari video yang di tayangkan oleh guru !
https://youtu.be/tYV3QbahXu
Pada suatu hari, di suatu kota, terdapat sebuah perusahan PT.Teknologi Maju,
Pada perusahaan tersebut terdapat seorang administrator jaringan bernama Rudi yang bertanggung jawab atas pengelolaan jaringan lokal (LAN) perusahaan.
Jaringan ini terdiri dari beberapa departemen yang terhubung melalui switch dan router. Departemen tersebut adalah IT, Keuangan, Logistik, dan HRD. Rudi dihadapkan pada beberapa masalah saat membuat tabel routing untuk memastikan bahwa semua data yang dikirim antar departemen dapat sampai ke tujuan dengan benar.
Adapaun masalah yang dimaksud diantaranya yaitu :
Konflik IP Address: Rudi menemukan bahwa beberapa perangkat di departemen IT dan Keuangan memiliki alamat IP yang sama, yang menyebabkan konflik dan gangguan komunikasi.
Rute yang Tidak Efisien: Data yang dikirim dari departemen HRD ke Keuangan harus melewati banyak hop, sehingga memperlambat proses komunikasi.
Keamanan Data: Rudi ingin memastikan bahwa data sensitif dari departemen Keuangan tidak dapat diakses oleh departemen lain tanpa izin.
Pembagian Beban: Beberapa jalur dalam jaringan menjadi terlalu padat sementara yang lain hampir tidak digunakan, menyebabkan ketidakseimbangan dalam penggunaan jaringan.
Apabila anda menjadi Rudi, apa yang akan anda lakukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan tersebut ?
Dari cerita diatas, dapatkah anda membuat [C6] table routing static yang akan digunakan pada jaringan dengan baik dan benar!
Cara Kerja : ( Sintak PBL )
Amati dan cermati video yang dipaparkan oleh guru (Orientasi Peserta Didik pada masalah)
Bentuklah kelompok dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan peserta didik)
Catat point-point penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)
Lakukan pencarian menggunakan search engine Google yang ada di HP kalian atau komputer lab cara untuk membuat [C6] table routing static yang akan digunakan pada jaringan! (Menyajikan)
0 Komentar